GIZI SEIMBANG UNTUK GENERASI GEMILANG: Mahasiswa KKN Kelompok 08 FIA Universitas Brawijaya 2024 Desa Pagedangan Gelar Kegiatan Edukasi dan Aksi Sehat di MTs NU Miftahul Huda

  • Jul 21, 2024
  • PAGEDANGAN.TUREN

Turen, Pagedangan, Rabu, 17 Juli 2024

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 08 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya 2024 Desa Pagedangan, melaksanakan program kerja berupa sosialisasi gizi yang bertema “Gizi Seimbang untuk Generasi Gemilang” di MTs NU Miftahul Huda, pada hari Rabu, 17 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola makan sehat dan bergizi serta gaya hidup yang teratur bagi siswa-siswi MTs NU Miftahul Huda yang menjadi salah satu wadah untuk pengurangan gizi buruk di Desa Pagedangan maupun di Indonesia.

Acara yang diadakan di MTs NU Miftahul Huda ini menghadirkan empat rangkaian acara yang dimulai pada pukul 07.30 WIB. Rangkaian acara pertama diawali dengan pembukaan oleh MC, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan diikuti dengan sambutan oleh ketua pelaksana Fahrul Nino, sambutan kordes Arseta Surya Putri, serta sambutan dari kepala sekolah MTs NU Miftahul Huda, yaitu Bapak Usman Dzikri Syamsuri, S.Si., M.Pd.

Rangkaian acara selanjutnya berfokus pada penyampaian materi edukasi. Siswa-siswi kelas 7 mendengarkan penyampaian materi dari Ibu Yuyun Masruroh mengenai gizi seimbang, makanan bernutrisi, dan pencegahan malnutrisi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi pentingnya makanan bergizi dan jenis-jenis makanan bernutrisi untuk mencegah terjadinya malnutrisi pada anak. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi tentang cara mencuci tangan yang tak kalah penting. Ibu Yuyun menjelaskan langkah-langkah mencuci tangan yang benar dan memutarkan video sekaligus memandu siswa-siswi untuk mengikuti gerakan mencuci tangan yang benar seperti pada video yang ditayangkan. Siswa-siswi kelas 7 MTs NU Miftahul Huda sangat antusias dan mengikuti kegiatan dengan tertib.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama. Makanan kali ini mengusung menu 4 sehat 5 sempurna yang mengandung gizi seimbang untuk mendukung masa pertumbuhan serta aktivitas belajar dan prestasi siswa-siswi. Salah satu siswa yang berani maju untuk menunjukkan bekal makanan sehatnya diberikan apresiasi berupa hadiah yang menarik.

Pada sesi selanjutnya dilakukan permainan tebak gizi makanan 4 sehat 5 sempurna yang dipandu oleh MC. Pada sesi ini terdapat 5 siswa-siswi yang ditunjuk untuk maju dan mendapatkan hadiah menarik bagi yang menjawab pertanyaan dengan benar.

Kegiatan Penyuluhan Gizi ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan pihak sekolah serta dokumentasi bersama. Diharapkan pesan tentang pentingnya gizi dan pola makan sehat dapat terus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari siswa-siswi MTs NU Miftahul Huda.

Kegembiraan dan semangat dalam kegiatan “Gizi Seimbang untuk Generasi Gemilang” ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi siswa-siswi dalam menjalani gaya hidup sehat yang akan berdampak positif bagi masa depan mereka dan pengurangan jumlah masyarakat terdampak gizi buruk di Indonesia.