SMALL BUSINESS WORKSHOP (SBW) CARE: Sosialisasi terkait Great Market Research Visualisasi & Pelayanan Penggunaan Media Sosial untuk Pengiklanan Produk Olahan Lokal Desa Pagedangan

  • Jul 28, 2024
  • PAGEDANGAN.TUREN

Turen, Pagedangan, Rabu, 24 Juli 202

Kegiatan Small Business Workshop Care yang merupakan salah satu program kerja Mahasiswa KKN Kelompok 08 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya 2024, ini dilaksanakan di Balai Desa Pagedangan pada hari Rabu, 24 Juli 2024. Acara ini dihadiri oleh Bapak/Ibu warga Desa Pagedangan yang merupakan pelaku UMKM, mahasiswa KKN UB Desa Pagedangan, dan Bapak Muchammad Taufik, selaku Sekretaris Desa Pagedangan yang mewakili Bapak Surono, Kepala Desa Pagedangan.

Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan pembukaan dari MC dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Andika Muhammad. R selaku Wakil Koordinator Desa (Wakordes) KKN 08, dan Sekretaris Desa Pagedangan, Bapak Muchammad Taufik. 

Pada sesi inti, yaitu sosialisasi materi mengenai great market research visualisasi dan pelayanan penggunaan platform media sosial untuk pengiklanan produk, disampaikan oleh salah satu anggota KKN Kelompok 08, Naufal Rafif Saputro, yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Pemateri memberikan penjelasan terkait riset pasar, teknik tentang riset pasar, teknik visualisasi produk, penggunaan media sosial untuk pengiklanan produk, strategi pemasaran produk lokal, serta pengenalan dan pengemasan produk olahan lokal. Peserta juga mendapat wawasan tentang konsep ekonomi kreatif dan peluang perluasan target pasar untuk UMKM se-Desa Pagedangan. 

Selain itu, di tengah acara dilakukan pula ice breaking dengan pengundian doorprize yang menambah semangat para peserta. Terdapat 5 peserta yang berhasil memenangkan doorprize berupa sembako.

Tidak hanya mendapatkan pengetahuan teori, pada sesi materi visualisasi produk, para peserta juga diperlihatkan langsung proses pengambilan foto produk dan proses memasukkan foto ke dalam desain melalui aplikasi desain Canva, yang nantinya akan diunggah melalui platform media sosial yang telah kami buatkan, yaitu di Instagram dengan username @pagedanganeconomycenter. Melalui akun instagram ini kami berharap dapat memberikan wadah baru bagi warga Desa Pagedangan untuk mempromosikan dan memperluas target pasar produk olahan lokalnya sehingga dapat pula meningkatkan perekonomian Desa Pagedangan.

Workshop berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan ditutup dengan penyerahan plakat kepada pihak desa dan sesi dokumentasi bersama sebagai kenang-kenangan. Kegiatan ini menjadi momen yang berharga bagi Pelaku UMKM Desa Pagedangan dan juga mahasiswa KKN Kelompok 08 FIA UB karena selain mendapatkan pengetahuan baru, mereka juga mendapat kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dalam mempromosikan produknya melalui media sosial. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing produk olahan lokal UMKM Desa Pagedangan dan membuka peluang pasar yang lebih luas. 

“Dari Angan Wujudkan Harapan Desa Pagedangan”

Kami mahasiswa KKN Kelompok 08 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas antusiasme dari warga khususnya pelaku UMKM Desa Pagedangan yang telah hadir dan ikut memeriahkan acara kami.